Tuesday, September 28, 2010

Latihan Pendeskripsian karakter.
28 September 2010.

Tiga wanita.


Destri (20 tahun kurang 3 bulan)

Mungkin paling normal dalam menghadapi interaksi sosial, atau justru sedikit lebih luwes daripada orang biasanya. Kelihatan seperti gadis sehat yang bahagia, tapi justru lebih kompleks di dalam. Dengan latar belakang hidup bersama Ibu tunggal dan dua saudari yang jauh lebih tua membuatnya sedikit lebih tangguh dari gadis seumurannya.

Pandangan Destri kepada kehidupan sebenernya sangat straightforward dan logis, tak lupa; compassionate. Destri hanya ingin yang terbaik dan bagaimanapun caranya, yang pasti adalah baik terhadap orang lain. Hidup Destri bisa digambarkan seperti hidup atas kehadiran orang lain di dalam hidupnya. Bukan dalam artian melankolis tetapi dalam arti dimana ketika Destri tidak mampu lagi berkomunikasi dengan orang lain, maka disitulah hidupnya kosong. Kehadirannya seperti tokoh yang berpindah-pindah keberbagai macam komunitas dan berbagai macam karakter, tetapi tidak samar-samar. Justru jelas teringat.

Tapi satu hal yang membuat kita mengingat kalau Destri tidaklah sempurna adalah emosinya yang bertaburan. Destri kecil cukup mengalami trauma di dalam keluarga dengan dua kakak perempuan yang obsesif berkenaan dengan Destri memegang posisi anak bungsu, juga bagaimana ia menemani Ibu tunggalnya menempa hidup. Destri yang pada dasarnya berjiwa romantis terkadang bisa mudah sekali menangisi sedikit saja ada pertikaian domestik karena jiwa kecilnya yang selalu mengharapkan adanya keharmonisan diantara keluarganya, hal yang membuat Destri bisa sangat menghargai kebahagiaannya.

Memang pada dasarnya terlahir sebagai gadis berhati lapang, untuk menggapai hatinya sangat mudah. Karena itu, banyak pria yang tertarik dengan energinya yang terkadang bahayanya, kelapangan hati Destri itu selalu dianggap remeh oleh para pria yang ia bersedia bagi kasih sayangnya dengan dalih "Ah, dia pemaaf ini." dimana satu saat si pria akan berbuat kesalahan, dan biasanya selalu membujuk Destri kembali baik kepadanya. Walau begitu, Destri punya batas kesabaran.

Sayangnya juga orang mudah tertipu dengan perawakannya yang manis dan kemampuan bersosialisasinya yang baik. Orang mudah sekali mengira Destri si anak gaul yang tukang keluyuran hanya dengan melihat ia banyak teman, cantik, dan punya mobil. Bahkan saudarinya termasuk diantaranya. Dan dari sini terkadang Destri mempertanyakan atas "Apa yang kamu tahu tentang saya?"


Lista (19, Agustus kemarin)

Bisa dibilang dia diciptakan untuk mengimbangi Destri. Lista tertutup, misterius, singkatnya seperti kuncup bunga. Hanya orang-orang tertentu yang bisa membuka persona Lista. Lista ngga pernah banyak bicara, tetapi ketika berbicara, Lista berbicara jujur dan apa adanya. Kadang terkesan dingin, tetapi kadang justru benar.

Lista bukan tipe orang yang suka mengumbar apa yang sedang dia alami, dibanding Destri yang ekspresif atau Jo yang memang suka trolling. Lista senang menahan apa yang dia rasa karena menurutnya, itu hanya berlaku untuk dia dan dia rasa tidak ada butuhnya orang untuk tahu hal tersebut. Jadi terkadang sulit untuk menebak jika ia bermasalah atau tidak. Ia hanya akan bicara ketika ia butuh bicara dan ia tidak sembarangan memilih siapa atau kemana masalahnya akah dicurahkan.

Destri mungkin termasuk gadis dreamy, tetapi Lista yang dari luar kelihatan lebih tangguh dan kukuh dari Destri yang supel dan ekspresif, Lista jauh lebih dreamy dari Destri. Terkadang imajinya jauh lebih muluk dari Destri. Imaji Destri terkesan "lebay" karena Destri bisa mengekspresikannya keluar, tetapi kalau dipikir-pikir, roman Lista lebih "lebay" lagi, hanya saja jarang sekali ia tuturkan blak-blakan seperti Destri. Kalau Destri adalah tipe putri yang "Saya mau menemukan pangeran impian saya, maka akan saya cari." Lista adalah tipe putri 'Saya ingin menemukan pangeran impian saya, kapan dia akan datang pada saya."

Begitu pula dalam keadaan cinta, Lista bukanlah orang bisa maju duluan. Memang pada dasarnya malu dan introvert, butuh dukungan besar, terutama dari Destri yang cerewet dan Jo yang memang punya konsep "datang dan pergi". Tapi kedua wanita sisanya bisa hadir untuk Lista dikala ia butuh dukungan.

Lista menyembunyikan satu trauma besar dimana ia hampir disalahi Ayah angkatnya. Mungkin faktor trauma yang juga berpengaruh kepada hubungan sosialnya. Berkenaan dengan salah satu teori trauma, "Saya ingin lupa itu terjadi" dan sifat Lista yang "Ini urusan saya jadi ya saya saja sendiri", menghasilkan Lista yang dari luar dingin dan diam.


Jo (20 tahun 7 bulan)

Paling tua dan secara keluarga mungkin paling normal. Lahir dari keluarga baik-baik dengan orang tua yang baik, secara status sosial Jo mungkin berada di posisi yang cukup nyaman. Jo cukup beruntung karena Ayah kandungnya masih ada bersamanya dan bisa dibilan cukup dekat dengannya. Secara personalita, Jo adalah si putri manja karena ketika ia ingin, pasti ia dapat ditambah dengan Jo yang memang memiliki sifat ambisius dimana ketika ia ingin, ia harus dapat.

Mungkin dari luar Jo yang paling tampak tidak atraktif dibanding kedua sahabatnya Destri dan Lista. Jika Destri adalah bunga mekar, dan Lista adalah kuncup terakhir, maka Jo adalah si lebah gemuk. Tapi Jo selalu rapih dan presentable. Jika pertama kali kenalan, Destri lah yang akan membawa pembicaraan, Lista akan diam mendengarkan, Jo akan masuk setertariknya ia. Tetapi Jo selalu sopan.

Dari luar, Jo seperti si gadis kaya, pintar, terdidik, dan dewasa. Tetapi sebenarnya Jo tidak terlalu peduli dengan statusnya atau segala macam tetek bengek lainnya. Jo selalu merasa dirinya adalah "anak kecil itu" yang punya dunianya sendiri dan menikmati apa yang ia nikmati. Kelemahannya mungkin adalah Jo suka egois bak anak kecil, melawan orang lain dengan dalih "Ya sudahlah, selama ngga terjadi masalah besar kaya bom, ngga usah dimasalahin.", dan suka skip sendiri ke dunianya ketika orang lain sibuk bersosialisasi. Lain dengan Lista yang pemalu, Jo memang menolak untuk dan hanya mau ketika ia ingin.

Jo juga blak-blakan, terkadang sarkastik, dan pedas. Tapi disisi lain dia bisa minder dan sangat canggung. Keluarganya mendidiknya demikian. Jo besar dengan membawa doktrin dari orang tuanya yang sebenarnya membuatnya selalu merasa dirinya "disalahkan". Orang tua Jo adalah orang tua yang liberal dan tegas tetapi sama egois dan ambisiusnya. Hal inilah yang membuatnya menjadi pelawan sekaligus tertekan.

Untuk soal hubungan romansa, Jo adalah tipe yang "Kalau ngga jelas ngga usah". Ini didikte langsung dari Ibunya yang sangat keras dalam konsep hubungan tersebut. Jo menolak hubungan muluk-muluk, menolak gombal-gombalan, menolak apapun yang menurutnya tidak penting. Menurut Jo, cinta itu tidak bisa disyaratkan atau dinilai. Ketika cinta itu cinta, maka itu cinta, ngga ada embel-embel atau kata. Kita hanya tahu dan merasakannya saja.


Saya juga jadi menemukan sebuah pattern lain dari tiga sahabat wanita ini...

Konsep Destri tentang hubungan cinta romantis adalah dimana pada akhirnya sebuah pasangan menjadi keluarga bahagia. Destri selalu bermimpi menikah dengan suami yang baik dan penuh canda, punya anak, dan memiliki hidup mapan. Disini Destri menangkap yang indah itu adalah menikah dan saling sayang dan akur bersama suami yang pasti, selalu menyayangi dia, dan kebapakkan. Ini ada hubungannya dengan latar belakang keluarganya yang berada diambang cinta-benci selama ia hidup. Dimana sepertinya pertengkaran adalah sesuatu yang tidak bisa dipungkiri.

Sedangkan untuk Lista adalah Lista suatu saat akan ditemukan oleh seorang pangeran. Pangeran tersebut akan menyelamatkannya dan membawanya ke negri dimana ia akan bahagia berdua dengan Lista diperlakukan seperti tuan putri satu-satunya untuk pria ini. Ini sepertinya keinginan Lista untuk "kabur" dari traumanya yang terpendam dan tidak pernah terekspresikan. Sebenarnya kalau saya pikir Lista ini mirip Yukiko Amagi-nya "Persona 4" dengan pangeran atau Chie-nya adalah Destri.

Untuk Jo, konsep romantis baginya adalah mendapatkan pria yang jauh lebih mapan, lebih terdidik, dan lebih cerdas dari dia dengan hubungan yang tidak berstatus tapi pasti. Pria yang dominan dan manipulatif, dimana Jo bisa terus mencoba survive dan berargumen untuk mencoba mendominasi dan meng-outwit si pria ini walau ia tahu ia akan selalu didominasi. Ini sepertinya disebabkan oleh lingkungan keluarga Jo yang mengharuskan keegoisan dan kekuatan dominasi untuk bertahan.

Whoa. Random. :/

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright 2010 Sejuta Huruf Jatuh Habis Tersapu.

Theme by WordpressCenter.com.
Blogger Template by Beta Templates.